Pentingnya aki pada sebuah motor


Fungsi aki begitu vital bagi motor. Terutama bagi anda yang suka bepergian malam atau berjalan dalam keramaian.
Fungsi utamanya tentu untuk penerangan dan tanda-tanda berkendara seperti sein dan klakson.
Namun jika anda menggunakan motor berCDI DC ataupun motor injeksi, maka fungsi piranti ini lebih vital lagi.
Pada dasarnya Cdi bersistem DC,sumber tegangan yang didapat langsung dari aki,berbeda dengan Cdi AC yang mengandalkan tegangan dari spool.
Misalkan motor berCDI DC tersebut akinya tekor / bahkan dicopot (sebagian orang yang pengen motornya tampil resik) maka akan timbul gejala brebet / mati.

Dan juga seperti diketahui, motor injeksi bekerja dengan bantuan banyak sensor. Sementara sensor banyak berkait dengan kemampuan arus listrik mensuplai kebutuhan sensor untuk tetap hidup dan bekerja membaca kondisi kendaraan vis a vis jalan, mengumpulkan data, dan mengolahnya menjadi serangkaian aksi guna menjalankan motor dengan stabil. Dapat dibanyangkan jika aki anda mengalami penyusutan voltase atau bahkan koit. Bisa-bisa motor anda ngadat sementara anda bingung apa penyebabnya.

Bagi anda—dan umumnya masyarakat pengguna motor di Indonesia—yang terbiasa dengan motor bersistem karburator konvesional, gejala mati/tanpa aki bukan jadi persoalan besar. Motor tetap dapat dinyalakan tanpa bergantung pada aki. Namun tidak demikian pada motor injeksi. Mungkin anda mengira motor mogok gara-gara bensin buruk, ada korslet, busi mati, klep bocor, atau karena penyebab lain. Tak terbayang bahwa aki penyebabnya karena tidak punya pengalaman dengan motor injeksi sebelumnya.

Gejala awal yang diakibatkan oleh aki tekor tentu saja sulit distater elektrik. Lalu motor endut-endutan kala berjalan. Pada saat aki mati total, motor sama sekali sulit dinyalakan. Meskipun anda mendorongnya, motor hanya akan menyala beberapa waktu kemudian mati lagi oleh ketidakseimbangan elektrik dan kekurangan pasokan data untuk bekerjanya mesin secara normal.

Nah bagi anda yang sudah paham akan hal tersebut,jangan lupa mengecek kondisi & tegangan aki,nggak mungkin juga kan kalo tiba tiba motor anda macet dijalan karna akinya drop?????:D

Forward by  :

Posted by Forum Warga 08/11 Sanggar Indah Banjaran on 02.35. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0
Silahkan Klik Gbr dibawah

Total Tayangan Halaman

  • PERSIB MANIA
  • Pertandingan Persib Selanjutnya
  • Selamat atas lahirnya Putra dari Pak Eli Blok J7
  • Abi…Abi... aku masih ingat alif, ba, ta, tsa..
  • Foto Pengajian Bulan Juli 2012
  • Turnamen Bola Voli HUT RI ke 67
  • Kisah Seorang Anak Dengan Ayahnya


 Iklan Warga 


Bagi yg membutuhkan motor honda baru..hub. Revi Asgar 081322515564/02292419654..proses. 1 hari. 

BUKU TAMU

2010 BlogNews Magazine. All Rights Reserved. - Designed by SimplexDesign